• MacKenzie Hoffman posted an update 3 months, 1 week ago

    SariAgri – Meski belum memasuki musim, buah durian dari Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) membanjiri pasar dan sejumlah kawasan di Kota Palembang.

    Menurut Riduan, seorang pedagang buah durian di kawasan Jalan Demang Lebar Daun Palembang, buah durian Lahat mulai meramaikan pasar buah-buahan di Palembang sejak pertengahan Mei 2021.

    Dikatakan dia, sekarang ini kebun buah durian milik masyarakat dan petani di Lahat mendapat berkah panen sela menjelang memasuki musimnya sekitar Agustus.

    Banjir buah durian biasanya tidak berlangsung lama. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya hanya berlangsung sekitar satu bulan. Dalam kondisi banjir pasokan, buah durian sekarang, harganya relatif murah.

    Harga buah durian bervariasi tergantung besar kecilnya ukuran berkisar Rp20.000-Rp75.000 per butir. Pedagang buah durian dapat dengan mudah dijumpai di pasar tradisional, pinggir jalan kawasan Demang Lebar Daun, Jakabaring, Jalan Soekarno Hatta menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, dan beberapa kawasan Kota Palembang lainnya.

    Baca Juga: Mengenal Hama Penggerek Buah Kopi Penyebab Utama Penurunan Produksi Wujudkan Korporatisasi Sektor Pertanian, Mentan dan Menkop UKM Gandeng IPB

    Pedagang buah durian di kawasan itu menggelar dagangannya di pinggir jalan dengan membuka kios tempat berjualan sekaligus tempat makan durian, lapak kaki lima, dan ada juga yang memanfaatkan mobil bak terbuka.

    berita hortikultura terbaru Seorang pembeli, Rosita mengatakan dirinya membeli buah durian untuk menjamu saudara dan tamu yang datang dari Jakarta.

    Menikmati sensasi makan durian langsung di tempat pedagang buah durian bersama saudara dan tema-teman memberikan kenikmatan yang berbeda dibandingkan dengan dinikmati sendirian di rumah.

    Buah durian ini selain dikonsumsi langsung, juga dibawa pulang dijadikan bahan makanan olahan seperti kolak, dan diawetkan untuk dibuat sambal dan penyedap makan nasi.